Wednesday, September 2, 2020


Saat ini, banyak yang sedang membahas masalah budaya jawa. Mulai dari sisi positifnya hingga negatifnya. Contohnya saja yang lagi viral saat ini seperti Lathi, lalu KKN Di Desa Penari, dan yang paling hangat yaitu Tilik. Tanpa kita sadari ada unsur budaya jawa di dalamnya. Bukan hanya dari segi bahasa tapi dari konsep, cerita, hingga pesan moral dari beberapa hal yang viral di atas. Kalau dilihat-lihat, banyak pesan tersirat yang bisa kita maknai dari budaya jawa yang di bawakan dalam lagu, cerita, maupun film di atas.  

1.       Budaya Jawa terkenal dengan mistik

Sudah rahasia umum kalau beberapa budaya jawa terdapat hal mistik di dalamnya. Dan sebagai orang jawa sendiri, saya tidak bisa menyangkalnya. Walaupun begitu, di setiap budaya jawa terdapat filosofi yang pastinya sangat di pegang teguh oleh masyarakatnya. 

2.       Orang jawa yang selalu ‘grapyak’

Banyak kebiasaan masyarakat jawa yang sangat patut di contoh, kebanyakan orang jawa dibiasakan untuk selalu sopan dan ramah ke orang yang baru dikenal. Juga kebiasaan seperti rewang, slametan dan lain-lain akan membuat kerukunan antara masyarakat.

3.       Adat jawa yang selalu dijunjung

Kebanyakan masyarakat jawa selalu menjunjung adat maupun tradisi yang telah turun-temurun di turunkan dari buyut mereka. Bahkan mereka melakukan kegiatan tersebut tanpa sadar karena sudah menjadi kebiasaan yang di tanam oleh orang tua mereka ketika kecil.

4.       Pantangan yang melekat di jawa

Memang banyak pantangan yang bakal sering kita dengar ketika berkunjung ke jawa (terutama yang masih desa) misalnya seperti pamali dan kawan-kawannya. Tapi di balik semua pantangan tersebut ada pesan tersembunyi yang pastinya akan memberikan manfaat ke masyarakat itu sendiri.

 Sebenarnya masih banyak lagi pesan tersirat yang disampaikan lagu, cerita, maupun musik yang tengah viral saat ini. Disini saya Tidak membedakan adat, budaya, atau, suku lainnya, disini saya hanya menyatakan kebanggaan saya sendiri sebagai suku Jawa. Dan semoga, dengan adanya artikel ini, budaya jawa semakin dilirik dan lestari. 

All about Me . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates