Yang akan kamu rasakan ketika kelas 12

Halo, kali ini saya akan berbagi cerita tentang apa yang akan kamu rasakan ketika kelas 12. Di kelas 12 memang ada beberapa yang menganggap jika masa tersebut adalah perpisahan, akhir dari semua pembelajaran, Masa yang menyenangkan dan lain-lainnya. Tapi bagi beberapa yang lain, kelas 12 adalah awal dari kisah hidup yang sesungguhnya, di kelas ini kamu akan menentukan nasib kamu untuk kedepannya, entah pilihanmu kuliah atau kerja.  

Tapi yang paling penting dari semua ini adalah, kamu harus menyiapkan masa depanmu mulai dari sekarang, karena kamu tidak akan tau bagaimana nasibmu setelah tamat sekolah. Minimal kamu harus menentukan apakah kamu akan kerja atau kuliah. Dan dengan kamu menentukan pilihanmu itu, setidaknya kamu memiliki tujuan yang ingin kamu capai. Jika kamu memilih untuk bekerja, setidaknya kamu sudah memiliki skill yang bisa kamu terapkan di dunia kerja nantinya, jika kamu memilih kuliah, setidaknya kamu harus menentukan jurusan yang akan kamu tekuni selama 3-4 tahun kedepan. Kelas 12 bukan lagi masa disaat kamu bisa bersantai santai menikmati masa muda dengan bermain main dan berkumpul dengan teman sambil menikmati kopi, dan kelas 12 ini tidak sama dengan kelas 9 smp atau kelas 6 sd yang beban yang kamu terima hanya UN saja, tapi beban di kelas 12 ini lebih berat dan besar. Saya juga berpikir bahwa di kelas 12 ini waktu terasa sangat cepat, dulu ketika sekolah masa SD, kita hanya bermain bersenda gurau tanpa harus pusing memikirkan masa depan dan sekarang kita harus sudah bisa survive ke dunia yang kita pilih, tapi memang cepat atau lambat kita memang akan merasakan pahit manis dunia ini.

Tapi semua itu juga harus di ikuti dengan terus berdoa, karena tanpa restu dan kuasa dari tuhan yang maha esa, kita tidak dapat menjalankan semua yang kita rencanakan dengan baik. Dan walaupun rencana yang kita buat gagal, percayalah kalian akan mendapatkan yang lebih baik dari yang kalian rencanakan karena rencana tuhan lebih baik daripada rencana kita. 

You Might Also Like

4 komentar